Asal Kata Minggu Dan Ahad

Kebetulan hari ini adalah hari Sabtu malam Minggu. Saya sendiri lebih suka menyebutnya malam Ahad. Karena dulu saya pernah mendengar salah seorang teman saya dimarahi (baca:nasehati)  gurunya waktu menyebut hari Ahad dengan Minggu. dan karena kebetulan guru itu juga guru saya, saya anggap nasehat itu juga untuk saya.
Sore ini tiba-tiba terbersit keingintahuan saya soal pemakaian nama hari Minggu dan Ahad ini. Kebetulan tadi ada teman disamping saya dan saya coba tanyakan soal asal hari yang berlaku di Indonesia ini. Setelah berbincang kesana kemari kami sependapat bahwa untuk hari senin, selasa, rabu, kamis dan jum'at diadopsi dari bahasa Arab.
  • Senin ----> Istnain = Dua
  • Selasa---> Tsalatasah = Tiga
  • Rabu----> Arbangah = Empat
  • Kamis--> Khomsah = Lima
  • Jum'at--> Jama'ah = Berkumpul, Kumpulan
  • Sabtu--> Sabat (Hari yang disucikan pada jaman nabi Musa As.)
Nah , yang jadi permasalahan waktu bincang-bincang tadi adalah hari Minggu. kalau emang mengadopsi dari bahasa Arab kenapa Ahad yang berarti satu tidak diadop sekalian??? Setelah sedikit berfikir kemudian saya ingat novel "The Davinci Code" yang pernah melambung pada tahun 2003. Dan kebetulan saya juga punya e-booknya. Di novel ini saya menemukan tulisan berikut:
Di masa kekaisaran Romawi Konstantin, agama resmi Romawi adalah pemujaan matahari, dan Konstantin adalah pendeta kepalanya. Ketika itu, Konstantin menghadapi kenyataan, 3 abad sepeninggal Yesus, penganut Kristen tumbuh berlipat-lipat. Kaum Kristen dan pagan mulai berperang. Situasi dianggap mengancam dan memecah belah Romawi.

Konstantin memutuskan untuk menyatukan Romawi dalam sebuah agama tunggal, Kristen. Caranya, mengalihkan para penganut pagan (polytheisme) pemuja matahari menjadi Kristen, dengan meleburkan simbol-simbol, tanggal-tanggal, serta ritus-ritus pagan ke dalam tradisi Kristen yang sedang tumbuh. Melalui Konsili Nicaea, Konstantin berhasil menciptakan agama hybrid yang dapat diterima kedua belah pihak. Konstantin juga menggeser hari Sabat Yahudi sebagai hari peribadatan Kristen, menjadi hari Minggu agar bertemu dengan hari kaum pagan memuliakan matahari, Sun-day.
(Majalah Insani, April 2005)
Rasa penasaran saya semakin tambah, setelah browsing akhirnya ketemu asal nama hari minngu di forum indowebster (Tak copas yo!) :
Minggu adalah hari ketujuh dalam satu pekan menurut standar kalender ISO 8601. Kata Minggu diambil dari bahasa Portugis, Domingo. Dalam bahasa Melayu yang lebih awal, kata ini dieja sebagai DoMinggu. Baru sekitar akhir abad ke 19 dan awal abad ke 20, kata ini dieja sebagai Minggu.Kata Minggu (m dalam huruf kecil) berarti pekan, satuan waktu yang terdiri dari tujuh hari.tambahan, arti dominggo adalah TUHAN. simbol hari TUHAN untuk umat nasrani
Lha wong Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum'at, Sabtu semuanya berasal dari bahasa Arab. Tapi, basan njedul....maksud saya setelah masuk hari ke-7; kok malah bahasa Portugis Minggu, apalagi Sunday.

Emang, Ahad itu lebih baik... Ahad=satu

Oww.. ternyata ini alasannya... Terngiang teriakan “Ahad, Ahad, Ahad” dari seorang Bilal bin Robbah tatkala ditimpakan batu besar di atas tubuhnya di padang pasir. Subhanalloh. Betapa kerasnya perjuangan sahabat Nabi mempertahankan kemantaban aqidahnya. Ya Alloh maha Ahad, Alloh maha esa. Dan beliau radhialloohu 'anhu tidak mau merubah ucapannya itu...
Qul huwAllahu Ahad (Al ikhlas ayat 1), jadi ingat lagunya Bang haji: Katakan tuhan (Allah)itu satu... Tuhan (Allah) tempat menyembah.. dan tempat meminta...

Sepertinya memakai nama hari Ahad lebih pas, ya gak?? Eh, ngomong2, artikel singkat ini layak dipublish di facebook ga ya? ups...

21 komentar

  1. Mas, hari Sabat (Sabat) bukan bahasa Arab tapi bahasa Ibrani.

    BalasHapus
  2. Minggu lebih baik ketimbang Ahad. Minggu adalah hari di mana Tuhan Yesus bangkit dari antara orang mati. Ia membebaskan manusia dari kuasa dosa, kuasa maut dan iblis. Setiap orang yang mau meresponi karya-Nya pasti selamat. Percayalah kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatmu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kami (muslim) tidak mengenal yang namanya tuhan yesus, kami hanya mengenal nabi Isa alaihi salam yaitu pembawa kitab injil penerus nabi Musa alaihi salam pembawa kitab Taurat, kami hanya mengenal satu Tuhan yaitu Allah (Tuhan Pencipta langit dan bumi beserta apa yang ada diantara keduanya). Tiada tuhan yang lain selain tuhan Allah sebagai pembuat nabi Isa, Musa, Adam, Muhammad dan nabi2 yang lain

      Hapus
  3. @Anonim Yup betul mas, sabat memang berasal dari bhs Ibrani.
    -----
    Soal Minggu lebih baik ketimbang Ahad. silahkan saja! pendapat boleh saja berbeda! cuman maksud Yesus bangkit dari antara orang mati ini gmn ya? pa Yesus itu mati terus bangkit sebagai juru selamat gitu?

    BalasHapus
  4. Minggu lebih baik ketimbang
    Ahad. Minggu adalah hari di
    mana Tuhan Yesus bangkit
    dari antara orang mati. Ia
    membebaskan manusia dari
    kuasa dosa, kuasa maut dan
    iblis. Setiap orang yang mau
    meresponi karya-Nya pasti
    selamat. Percayalah kepada
    Yesus sebagai Tuhan dan
    Juruselamatmu.

    yesus utk umat kristen tp isa bg umat islam.gmn jd juruselamat wong dia aja manusia,yg namanya tuhan itu tdk beranak,masak tuhan beranak?sama dong dg manusia,yesus/isa itu bkan tuhan tp nabi dn rasul skaligus ulul azmi,adanya dia lahir tnpa ayah itu sbgai bukti dr kbsaran maliki yaumiddiin bkan utk dsembah,bnar kta iblis dlu AKU AKAN SLALU MENGAJAK ANAK TURUNAN NABI ADAM UTK AKU JERUMUSKAN HINGGA HARI KIAMAT,sungguh kelicikan iblis sudah mraja lela,oh iya aq lupa,buat anonim,coba km pkir,bkankah adam lahir tanpa ayah dn ibu?lantas knpa tak DISEMBAH?

    kalo tidak puas,contact me on www.facebook.com/sulthan.auliya

    BalasHapus
  5. @Anonim

    @Anonim

    Sabtu dlm bhs Indonesia jelas serapan dari bahasa Arab.
    Sabtu sama sabat dalam Ibrani itu sama saja. Karena kedua bahasa itu (arab dan ibrani) masih satu rumpun, yaitu rumpun bahasa Semit. Kedua bahasa itu sangat banyak kemiripannya.

    BalasHapus
  6. Sabtu adalah bahasa yang digunakan dalam Al Quran (lihat QS. Al Baqarah ayat 65, QS. An Nisaa ayat 47&154, QS. Al A'raaf ayat163 dan QS. An Nahl ayat 124) berarti dia sudah menjadi bahasa arab yang fasih (lihat QS. An Nahl ayat 103 dan QS.Asy Syu'ara ayat 195). Hari Ahad yang berasal dari bahasa Arab/Al Quran)jelas lebih baik dari istilah Minggu yang dipaksakan oleh kaum Nasrani dimasukkan di tengah kaum muslimin agar menjauhkan kita dari identitas dan jati diri kita. Al haqqu mirrabbika falaa takuunanna minal mumtariin!

    BalasHapus
  7. Jika (Hanya jika) kita mau ambil keseluruhan hari dari bahasa arab, bisa kita lihat mulai Ahad hingga Sab'a (Sabtu) adalah sebuah hitungan layaknya Satu hingga Tujuh ...
    Itu jika kita memang konsisten ....

    Dan hari ke-enam bukanlah hari Jum'at, melainkan hari "Sita"(Sitati), yang artinya Enam, Jika (dan Hanya Jika) kita Konsisten...

    Jika Anda merasa seorang Muslim, tunjukkan pribadi Muslim yang berjiwa Besar... Apakah pantas orang yang namanya ke-arab-araban, mengaku muslim, dan mengaku (dapat) berjiwa besar tapi sikapnya justru mengerdilkan orang lain...

    Saya adalah pengikut Rasul Allah, dan Nabi Muhamad adalah Rasul Allah ...

    BalasHapus
  8. hayah...nama hari aja dipermasalahkan dan ujung2nya fanatisme sempit....

    suka2 yang ngajari mo pake minggu apa ahad?

    kenapa minggu bukan ahad? karena INDONESIA ITU BUKAN NEGARA ISLAM.....!!! karena Indonesia itu berbhineka...maka minggu dipakai sebagai nama hari pertama yang bukan diambil dari arab seperti nama hari lainnya...

    ini sama mengapa Pancasila sila ke-1 berbeda dengan Piagam Jakarta....

    susah gak ngerti sejarah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih susah lagi kalo ngerti sejarah yang kurang benar!

      Hapus
  9. Kalo benar mengapa harus disalahkan, dan diselewengkan?
    Membahas hari kok malah jadi bawa2 nama agama?
    Di kalender2 pun masih banyak yang menggunakan ahad, jadi tak ada salahnya mempopulerkan lagi, karena begitulah adanya.

    BalasHapus
  10. apa segala sesuatu yang berbau arab lebih baik daripada yang lain?
    korban arabisasi.. haha..
    krisis identitas..
    kiblat pada yang ilahi, bukan ke arab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pertanyaan sobat saya kira tak perlu dijawab.
      Saya kira kita sama-sama tahu jawabannya.
      Soal krisis identitas yang komen by "anonim" kayaknya lebih krisis lagi hehehehe :)

      Hapus
  11. sebenarnya kata sabtu berasal dari bahasa arab nya tujuh yaitu... sab'atun... karena sabtu itu hari ketujuh... sedangkan kenapa digunakan kata minggu ketimbang ahad... karena ketika para ahli bahasa ini berkumpul... mereka berfikir... bangsa indonesia ini bangsa yang majemuk tidak hanya umat islam saja... makanya karena dari senin sampai sabtu sudah merupakan serapan b.arab yang notabene adalah bahasa universalnya umat muslim... untuk itu dipakailah hari minggu untuk mewakili umat nasrani...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngarangnya keterlaluan....kapan ahli bahasa kumpulnya???cuma bahas hari pula...plus diselipin bau agama pula...saranku, buat yang muslim aja.mari kembalikan identitas islam kita yang kaffah, yang menyeluruh gak campur aduk. termasuk nama hari. ga susah kan ganti minggu dengan ahad..!!!

      Hapus
  12. Jujur mas .. AHAD lebih cocok!! "arti kata"nya sesuai dengan nomor urut dalam PEKAN yaitu: ke-SATU; mustinya hari Sabtu di tulis dengan nama SABAT atau bahasa Arabnya SABA'AH (kalo gak keliru)artinya: ke-TUJUH. Dalam ALKITAB orang KRISTEN hari SABAT itu artinya HARI PERHENTIAN ALLAH YANG KUDUS yaitu HARI YANG KE-7 bukan HARI AHAD=HARI PERTAMA.. itu tertulis JELAS dalam "SEPULUH PERINTAH ALLAH."

    BalasHapus
  13. ini kenapa malah debat kaya gini?? apa ga mending aja kita koar-koar bantu tuh orang-orang tidak mampu daripada koar-koar mengurusi hal beginian... kalo artikel ini mau dilanjut lagi... saya mau request sekalian sampeyan untuk buat artikel ini:

    MENGAPA KITA TIDAK MEMAKAI BAHASA ARAB SAJA DI INDONESIA? DARIPADA MEMAKAI BAHASA INDONESIA KEBANYAKAN ARTI KATANYA MENGAMBIL DARI BAHASA INGGRIS

    atau

    MENGAPA KITA HARUS MENULIS PAKE HURUF ALFABET DARI YUNANI? MENGAPA GA NGETIK BLOG DENGAN MENULIS PAKE TULISAN ARAB SAJA?

    udah ah.... ane mau lanjut sahur, ane lafaaaarrr....

    BalasHapus
  14. wkwkwk, masalah ya. padahal sama2 dari adam,

    coba perhatikan kalau huruf yang di pakai berasal dari bahasa arab, diputer puter aja ya

    http://id.wikipedia.org/wiki/Angka_Arab

    BalasHapus
  15. Saya sependapat dgn tulisan Dan pengetahuan saudara! Dan saya adalah umat nasrani, yang mengikuti perintah Allah itu.! Beribadah pada hari sabtu atau sabat hari ketujuh sesuai perintah Allah dlm sepuluh hukum itu, bukan hari ahad atau minggu (hari pertama) karena perintah manusia!

    BalasHapus
  16. Sebenarnya ini bagian dari perang pemikiran. Saya yakin, suatu saat kalau tidak ada counter yang menyatakan Ahad/Minggu adalah hari pertama, maka abad mendatang populernya hari ke tujuh adalah hari Ahad/minggu. Lihat saja kasus2 lain, seperti gerakan feminisme yang perlahan2 membawa kita seolah2 pekerjaan IRT adalah perbudakan atau pekerjaan rendahan...

    BalasHapus
  17. Komentar kalian lucu. Seperti inikah pemikiran2 orang dewasa?


    Dari anak SMA yg mencari arti dari kata ahad.

    BalasHapus