Asal Usul Nama Hari (Versi Inggris)

Pada catatan sebelumnya, saya sudah membahasa tentang asal nama hari minggu dan nama-nama hari yang dipakai di Indonesia. lalu bagaimana asal nama-nama hari tersebut dalam versi bahasa Inggrisnya?

Senin / Monday
Moon's Day atau hari bulan. bahasa latinnya, dies lunae, hari bulan. Mona lisa berarti ‘moon lily’. Artemis, selalu dilukiskan dengan bulan sabit di bawah kakinya (kita mengenal gambar maria, dewi kwan im dengan bulan sabit di kaki mereka juga, dan lainnya).
Selasa / Tuesday
Tiu's Day, di ambil dari nama dewa perang Tiu. Orang-orang yunani kuno memanggil hari ini ‘tiu daeg’. Tiu adalah nama dari anak laki-laki woden dan frigga, berhala para ‘imam’ jaman dulu.

Rabu / Wednesday
Woden's day. odin atau woden, ketua dewa norse, yang memerintahkan valkries dengan kuda yang berkaki delapan. Woden dipercayai sebagai suami dari frigga, dan bapa dari thor.

Kamis / Thursday
Thor's day, Thor adalah dewa petir. dewa guntur norse dan anak laki-lakinya woden, dikenal juga sebagai taranus, atau dutch doonner (nama yang diberikan pada rusa kutubnya santa claus. Melekat dengan hari roma jupiter.

Jumat / Friday
Freyja's day, seperti Venus, Freyja adalah dewi cinta. dikenal juga sebagai frigga, istri dari woden, lambangnya adalah ikan (lambang kesuburan), yang sering dipakai sebagai lambang kristen. Ikan muda bernama ‘fry’. Orang-orang katolik dapat memberitahukan anda bagaimana dan kapan ‘fish fry’ terjadi, tetapi mereka ambil dari para pagan. Orang-orang roma memanggilnya astarte, atau venus. Dia adalah earth mother, dengan banyak panggilan seperti: Asherah, astaroth, ishtar, easter, nanna, dan lainnya. Orang-orang yunani menghormati dewi aphrodite, dewi cinta, kecantikan dan kenikmatan sek pada hari ini.

Sabtu / Saturday
Diambil dari saturn, saturn's day. Saturn adalah dewa pertanian roma, dan hari ini dikhususkan untuknya. Planet ke-6 dinamakan untuk menghormati dewa ini. Di india dinamakan dewa shani pooja. Hari raya saturnalia, diubah menjadi hari natal, pada tahun 525.

Minggu / Sunday
Di ambil dari matahari, Sun's Day Bahasa latinnya dies solis. Orang-orang babilon menyembah matahari sebagai shamash, dan nama-nama yang digunakan untuk itu adalah: Baal, moloch, ahura-mazda,dagon, ra, sol, marduk, mithras, khrisna, aton, woden, zeus, deus, dan gott. Pada tahun 321, constantine mengganti sabbat, dan membuat sunday menjadi hari istirahat.

Woow... ternyata nama-nama hari ini diambil dari nama-nama dewa-dewi ya? Percaya gak? jangan lupa tinggalkan komentarnya dan share kepada sobat-sobat lainnya!

Kalau nama-nama bulannya bagaimana ya?? lain waktu kita bahas ini.

Tidak ada komentar

Posting Komentar